Archive for ‘October 9th, 2008’

Satu Hari Sebelum Pindah

Idealnya pindahan itu se sedikit mungkin kepusingan, semua berjalan dengan normal sampai saat terakhir…. Kenyataannya ga segampang itu. Mengemas barang-barang seperti saya tulis di blog sebelum ini sudah dilakukan lebih dari satu bulan sebelumnya, dan dua minggu sebelum keberangkatan saya sudah jenuh dengan menyortir barang-barang:

  • mana yang harus di buang,
  • mana yang masih layak untuk di hibahkan/dijual
  • mana yang ditinggal dan akhirnya
  • mana yang perlu dibawa….

Saya pun sudah menghubungi agen “Mover” yang akan mengirim barang-barang yang terlalu besar untuk masuk kedalam kopor dan menjadi 2 kopor saja. Dan mereka pun sudah memberikan tawaran harga serta menelpon saya kembali, kapan tepatnya saya akan pindah… yang sampai seminggu terakhir belum juga punya kepastian harinya.

Kebosanan menunggu visa lebih dari satu setengah bulan membuat saya ingin cepat-cepat pindah. Jadilah seminggu sesudah visa siap saya memutuskan untuk pindah, yang artinya:

  • menyelesaikan berkemas-kemas terakhir, padahal saya terlanjur beli komputer desktop baru yang besar (monitor sebesar 20″!) yang tidak portable untuk dibawa-bawa…
  • menyelesaikan semua surat menyurat dan dokumen tinggal di negara Qatar ini
  • menyelesaikan pekerjaan kantor yang tersisa, untungnya karena rencana pindah yang berlarut-larut, pekerjaan ini sudah tidak banyak lagi, karena sebagian besar sudah di delegasikan….

Lalu dokumen apa saja yang harus di selesaikan?

  • Menginventaris barang-barang apartemen – untungnya saya tinggal di Apartemen kantor, yang sudah “fully furnished” jadi tinggal masuk keapartemen dan menempatinya. Kemudian meninggalkan setiap saat tanpa pusing dengan urusan kontrak dengan land lordnya. Urusan yang terjadi cuma masalah inventarisasi saja.
  • Menyelesaikan pembayaran PUB (Public Utility BIll) yang terakhir yang mana juga tidak begitu sulit, cuma berlansung beberapa menit saja, tapi memang harus meluangkan waktu.
  • Menyelesaikan sewa mobil dengan Car Rental – Mobil sudah tidak punya lagi karena kecelakaan yang terjadi lebih dari setahun yang lalu.
  • Mengirim cicilan terakhir dari Doha ke Jakarta sebelum kemudian melanjutkan cicilan¬†tersebut dari tempat baru.
  • Mengambil sisa uang dari tabungan, menutup credit card dan menutup bank account… artinya saya akan traveling dengan cash… tak ada atm dan tak ada credit card sama sekali. (Mungkin ini pelajaran untuk saya bahwa lain kali saya harusnya bawa credit card dari Jakarta).
  • Membatalkan keanggotaan Sport Club, karena nilainya lumayan untuk di jual pada orang lain selama sisa bulan yang masih berlaku.
  • Menukar uang QRiyal dengan BDinnar untuk pegangan selama saya belum terima uang di lokasi baru.
Cargo ke Bahrain

Cargo ke Bahrain

Apa lagi ya…. rupanya banyak juga yang harus di kerjakan setelah di list. Rasanya semua beres, hanya hari terakhir masih harus mengurus agen mover yang masih harus datang dan mengemas seluruh barang-barang yang pada akhirnya harus dibawa.

Yang aneh sebenarnya adalah Cargo yang dipilih ternyata hanya melakukan pemaketan setelah jam 10 malam! Jadilah saya menunggi mereka bekerja sampai dengan hampir jam 3 pagi… padahal 12 jam kemudian akan terbang meninggalkan Doha…

Hari terakhir di Doha bukan berarti saya bisa santai ada lagi hal-hal yang masih harus di urus dengan kantor:

  • Membatalkan sambungan dengan Qtel (sambungan telepon rumah dan saluran internet) dan membayar tagihan terakhir.
  • Mengembalikan kunci apartemen ke kantor dan kemudian menanda tangani surat serah terima sehingga kami setuju bahwa kami tidak punya hutang apa-apa dengan kantor dan siap untuk hidup baru…

Semua beres…. pamitan dengan teman-teman dekat di kantor, karena cuma mereka lah teman-teman saya di Doha selama ini, dan cuma tinggal beberapa¬†orang saja yang masih tersisa, kebanyakan mereka juga sudah “MOVE ON” dengan hidup mereka yang baru…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 671 other followers