20081009-QATAR-006

Bahrain – Kesan Pertama

Map of Bahrain

Map of Bahrain

Pertama kali saya berkunjung ke Bahrain adalah 2007, lebih dari setahun yan lalu. Waktu itu kesan saya adalah kota ini lebih tua dan lebih ‘beradab’ dari pada Doha atau Qatar. Tapi kesan ini tentu bukan final, karena saya cuma tinggal di Bahrain selama 4 hari dan 3 malam saja, untuk sebuah “long weekend”.

Tidak seperti Qatar, yang luasnya kira-kira mungkin 5 kali lebih besar daripada Bahrain, dan kota terbesarnya adalah Doha, sisanya, tidak ada, cuma perkampungan untuk industri utama mereka, yaitu Minyak dan Gas. Dalam kota industri Qatar ini, hampir tak ada fasilitas “urban” sama sekali, semua di layani dari Doha. Bahrain sama sekali berbeda. Ada dua kota utama, Muharraq, kota tuanya, dimana terletak Bahrain International Airport, dan Manama CIty, ibukota negara ini. Lokasinya di Utara pulau terbesar Bahrain.

Semula saya mengertinya Manama adalah seluruh pulau terbesar itu, tetapi ternyata tidak demikian adanya, Manama cuma di ujung Utara-Timur¬†(Timur Laut) dari pulau terbesar, dan masih ada beberapa kota lain di selatan Manama. Kota-kota kecil ini atau mungkin dalam bahasa Inggris istilahnya adalah “town” bukan “City” dihubungakan dengan ‘highway.

Pemandangan Bahrain, mungkin tidak jauh berbeda dengan kota-kota di Timur tengah, membangun sporadis dan rata-rata adalah perumahan (low rises).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s