13-05-10 Indo Info-1

Visa untuk Orang Indonesia – updated

Dengan dihapuskannya sistem pajak fiskal di Bandara bagi mereka yang ingin keluar negeri tahun 2011, maka semakin banyak orang-orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke Luar Negeri, baik itu perjalanan wisata atau perjalanan bisnis. Tapi surat perjalanan ke luar negeri ini tidak terbatas hanya masalah fiskal. Ada surat-surat lain yang harus di urus diluar tiket perjalanan pulang-pergi

  1. Memiliki “Passport” yang minimal berlaku selama 6 bulan.
  2. Memiliki surat perjalanan untuk memasuki negara tersebut, yang disebut visa.

Seringkali yang jadi masalah adalah visa tersebut harus di proses terlebih dahulu sebelum berangkat, dan ini sering memakan waktu berhari-hari. Lebih sebal lagi sering kali dokumen yang harus disertakan bersama permohonan visa itu yang tidak kalah pentingnya. Tapi jangan kuatir, ada banyak negara yang memberikan kemudahan visa sehingga bagi yang doyan jalan-jalan ke manca-negara semakin banyak opsinya.

contoh visa on arrival RI

contoh visa on arrival RI

Seperti saya sebutkan di posting saya terdahulu (5 tahun yang lalu) dengan judul yang sama, posting ini adalah update dari posting tersebut, dengan informasi yang sedikit lebih detail. Berikut adalah update dari posting tersebut, dengan informasi yang lebih akurat, dan semua sudah di chek ulang sesuai dengan link yang bisa di click langsung:

ASIA:

  1. Brunei – BEBAS – untuk masa laku 14 hari
  2. Cambodia – BEBAS – untuk masa laku 30 hari
  3. Timor Leste- VOA – US $30.00 di bayarkan di perbatasan dan berlaku selama 30 hari
  4. Hong Kong – BEBAS
  5. India- VOA  – US $60.00 untuk masa laku 30 hari
  6. Iran – VOA – € 55.00 untuk masa berlaku 2 minggu dan masuk melalui 6 pintu perbatasan saja
  7. Jordan – VOA – US $30.00 untuk masa berlaku 1 bulan
  8. Kyrgyzstan- VOA khusus untuk negara-negara dimana Kyrgystan tidak memiliki perwakilan (termasuk disini adalah Indonesia) – US $30.-
  9. Laos – BEBAS –  untuk masa berlaku 30 hari
  10. Macao – BEBAS –  untuk masa berlaku 30 hari
  11. Malaysia – BEBAS –  untuk masa berlaku 1 bulan
  12. Maldives – BEBAS – untuk masa berlaku 1 bulan
  13. Nepal- VOA –  untuk masa laku 150 hari dalam satu tahun fiskal
  14. Oman- VOA – $ 50.00 untuk masa berlaku 1 bulan
  15. Pakistan- VOA –  hanya untuk keperluan bisnis saja.
  16. Philippines- BEBAS – masa berlaku 21 hari
  17. China- VOA – hanya berlaku untuk perjalanan ke Propinsi Hainan dan di organisir oleh agen perjalanan
  18. Singapore – BEBAS
  19. Sri Lanka- VOA US $27.00berlaku selama 3 bulan
  20. Taiwan – BEBAS, berlaku selama 90 hari dengan kondisi apabila anda memiliki visa yang masih berlaku minimal selama 6 bulan dan residence permit dari negara-negara: Inggris, AS, Jepang,  Australia, New Zealand dan Schengen
  21. Tajikistan- VOA – Visa ini bisa diperoleh di bandara Dushanbe dengan menunjukkan surat undangan (dari hotel atau sponsor lokal). Biaya US $ 45.00 untuk masa berlaku 1 minggu.
  22. Thailand – BEBAS –  untuk masa berlaku 30 hari
  23. Vietnam – BEBAS – untuk masa berlaku 30 hari

OCEANIA

  1. Cook Island – BEBAS. selama 31 hari
  2. Fiji - VOA – FJ$ 96.00 untuk satu kali masuk, dan berlaku selama 3 bulan sejak diterbitkannya visa tersebut
  3. Niue – VOA – berlaku selama 30 hari
  4. Palau -BEBAS selama 3 bulan pertama, dan perpanjangan sesudah itu dikenakan biaya
  5. Papua New Guinea – VOA
  6. Samoa – BEBAS – untuk masa berlaku 30 hari
  7. Tuvalu – BEBAS – untuk masa berlaku antar 30 hari  sampai dengan 3 bulan

AFRIKA

  1. Cape Verde – VOA – € 40.00
  2. Comoros – VOA – US$ 100.00 untuk masa berlaku 2 minggu
  3. EthiopiaVOA – US$ 20.00 untuk masa berlaku 30 hari – peraturan ini sudah berubah sejak 2014
  4. Kenya – VOA – US$ 100.00 untuk masa berlaku 3 bulan
  5. Madagascar – VOA – US$ 15.00 untuk masa berlaku maksimum 3 bulan
  6. Morocco- BEBAS dan berlaku selama 3 bulan
  7. Seychelles- BEBAS dan berlaku selama 1 bulan
  8. Tanzania – VOA US 50.00 untuk masa berlaku selama 3 bulan
  9. Zimbabwe – VOA  US 30.00 untuk sekali kedatangan dan berlaku selama

AMERIKA

  1. Bermuda- BEBAS
  2. Chile- BEBAS – untuk masa berlaku 90 hari
  3. Colombia- BEBAS- untuk masa berlaku 90 hari
  4. Ecuador- BEBAS – untuk masa berlaku 90 hari
  5. Haiti- BEBAS
  6. Peru – BEBAS – untuk masa berlaku 183 hari

EROPA

  1. Albania – BEBAS – hanya untuk pemegang Schengen Visa
  2. Andora – BEBAS -
  3. Belarus – VOA – hanya diberlakukan apabila di negara asal tidak ada consul/keduataan Belarus
  4. Georgia – BEBAS – hanya untuk pemegang Residence Permit di negara-negara: AS, Lithuania, Swiss, Jerman, Korea, Republic Ceko, Hungaria, Polandia, Slovenia, Denmark, Norwegia, Swedia, Spanyol, Bulgaria, Slovakia, Romania, Estonia, Latvia, Qatar, Sultanate of Oman, Bahrain dan Kuwait dan berlaku selama 360 hari.
  5. Turkey – VOA – US$ 25.00 untuk masa waktu 30 hari peraturan ini sudah berubah sejak April 2014

Total ada 50 negara yang bebas visa dan VOA (Visa On Arrival).

Yang dimaksud dengan visa on arrival adalah kita tidak perlu mengurus visa terlebih dahulu di kedutaan negara yang bersangkutan di Indonesia, tapi bisa langsung datang kesana dengan membawa passpor yang berlaku minimal 6 bulan dan uang secukupnya untuk membeli visa tersebut di pelabuhan udara atau titik embarkasi dari negara

  • Informasi tentang keputusan bilateral antar Indonesia dengan negara-negara: Brunei, Cambodia, Hong Kong, Laos, Macau, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam, Morocco, Chile, Equador, dan Peru bisa dilihat dari surat  PenPres No. 42/2011
  • Sumber informasi lain tentang perlu tidaknya visa bisa di lihat di link ini

Disclaimer: data diatas sudah di survey dan adalah akurat pada saat post in di terbitkan. Tetapi karena peraturan dari tiap negara tersebut diatas adalah di luar pengawasan saya, maka, ada baiknya apabila anda mengecek ulang.

Selamat merencanakan perjalanan anda


Baca Juga:

About these ads

307 Responses to “Visa untuk Orang Indonesia – updated”

    • Nina

      Berarti peraturan sudah berubah, karena seperti saya tulis di disclaimer di atas, bahwa tulisan saya tersebut adalah akurat pada saat diterbitkan, tapi setahun lebih berjalan, peraturan dan perjanjian bilateral ke dua negara bisa berubah juga. Tapi apa bila anda memiliki undangan untuk masuk ke Ethiopia, seperti misalnya menghadiri workshop yang di selenggarakan oleh African Union, maka anda tetap bisa memperoleh visa on arrival. liat di link: Emirates
      Lepas dari itu semua, tidak ada salahnya kita membuat visa, karena pada saat kita mendarat di negara tujuan, lebih mudah melalui proses immigrasi dari pada harus membeli VOA, dengan antri yang panjang.

      Like

      Reply
      • hapnidar harahap

        Mbak,saya dan suami saya berencana pergi k malasyia selama 6 bln. dn km punya anak msh umur 2 tahun,apakah dy hrs punya paspor dan visa ?tks

        Like

      • Nina

        Kalo anaknya mau diajak ke luar negeri , tentu saja dia harus punya dokumen dan suratenyurat yg lengkap, mulai dari pasport, visa dan tiket….

        Like

  1. Anonymous

    sy melakukan perjalanan yg mengharuskan transit di bandara hongkong selama 8 jam. bisakah sy keluar dari bandara untuk mengusir kebosanan sy menunggu di bandara?

    Like

    Reply
    • Nina

      Mustinya bisa, harus di cek di bandaranya apa ada Hongkong Day Tour yang juga mengantarkan kembali ke airport. Bisa juga di cek dengan penerbangannya, karena mereka biasanya memberikan fasilitas ini.

      Like

      Reply
  2. sugu

    Saya nak tahu lebih lanjut untuk mengambil visa buat perempuan indonesia untuk menetap lsma di malaysia

    Like

    Reply
  3. dhany

    slamat malam.non aku mau tanya.jika mau ke HK apa di perlukan ada jaminan berupa uwang dlm rekenink/ATM?

    Like

    Reply
    • Nina

      Ga perlu, yang penting uang yang cukup untuk gaya hidup kamu di Hongkong, tiket pulang-pergi dan tentunya passport yang masih berlaku selama minimal 6 bulan…

      Like

      Reply
  4. nami

    ass..
    mbak q mo tnya, kl liburan ke hk cuman bikin paspor doang kn? trus bli tiket pp? mksd q pa ada syarat lain dr pemerintah hk hrus bawa uang minimal brpa gitu g?
    mksh

    Like

    Reply
      • sholeh

        teman, saya mau nanya tentang bolehnya tinggal di malaysia selama 30 hr bagi org yang lagi transit dr suatu negara ke negara lain. misalnya dari cina ke indo. nah itu kan transitnya di kuala lumpur kan? itu bisa tinggal 30 hr kan ya wkt transit itu? itu perlu visa juga kah? atau gmn?

        Like

      • Nina

        selama ga melampaui 30 hari yang di tentukan kena ga boleh? Kalau dia orang Indonesia tak usah pake visa, tapi kalo bukan orang Indonesia, saya tidak tau peraturannya…

        Like

  5. sholeh

    teman teman saya mau nanya tentang bolehnya tinggal di malaysia selama 30 hr bagi org yang lagi transit dr suatu negara ke negara lain. misalnya dari cina ke indo. nah itu kan transitnya di kuala lumpur ka? itu bisa tinggal 30 hr kan ya wkt transit itu? itu perlu visa juga kah? atau gmn?

    Like

    Reply
  6. Anonymous

    bagi info donk..
    q baru ngurus surat nikah di thai krn calon saya orang thailand saya nikah di thailand. setelah surat nikahnya keluar untuk pengurusan visa saya di thai tempat pengurusannya dimana ya? apakah di imigrasi atau di kedutaan RI.

    mohon infonya.. thx before

    Like

    Reply
    • Nina

      Datang ke kedutaan/konsuler Thai di Jakarta, dan tanya dari situ. Visa kunjungan sebagai spouse beda dengan kunjungan wisata biasa….

      Like

      Reply
  7. Lilik tryana Invia

    hai mbak mau tanya kl ke vietnam untuk wisata apakah harus punya uang jaminan di bank? pasport saya pospoart kerja apakah bisa dipakai untuk turis di vietnam? makasih mbak

    Like

    Reply
  8. puzzo kings

    APAKAH ANDA PERLU AN PINJAMAN URGENT AT SUKU BUNGA 3%? JIKA YA EMAIL US NOW ON:

    INFORMASI DATA PEMINJAM’S YANG DIPERLUKAN

    NAMA:
    AGE:
    SEX:
    COUNTRY:
    NEGARA:
    NOMOR MOBILE
    PEKERJAAN:
    BULANAN PENGHASILAN:
    JUMLAH DIPERLUKAN:
    DURASI:

    PERHATIKAN: semua balasan HARUS KE DEPAN UNTUK: kingsloanhome8@gmail.com, UNTUK SEGERA RESPON ..

    Like

    Reply
  9. Dedek

    Hallo Mba.. Mohon pencerahannya. Saya berencana ke Mexico bulan depan tp visa US saya expired di bulan ini. Kira2 saya masih bisa masuk Mexico dgn free visa tidak ya? Terima kasih.

    Like

    Reply
    • Nina

      Wah artinya pada saat masuk Mexico visa US dah ga berlaku lagi? / ga punya visa US?

      Like

      Reply
  10. biand

    mba saya mau tanya . saya ada orang denmark yang mengajak saya bekerja disana dia ingin saya permanent disana.
    nah untuk visa yang bisa lama bukan(90hari) . byar bisa yang 2 tahun itu gimana mba? cara bikinnya , apa saja persyaratannya?

    dan bagaimana untuk urus ijin tinggal dan ijin kerja cara bikinnya?

    apa saya harus memiliki dulu ijin tinggal dan ijin kerja dan baru saya membuat visa?
    apa bikin visa dan pergi kesana dulu , lalu saya mengurus ijin tinggal dan ijin kerja setelah saya berada disana?

    mohon pencerahannya mba, saya benar2 bingung.

    Like

    Reply
    • Nina

      Visa di urus di Indonesia, tapi harus ada undangan dari Denmark yang mengatakan dia akan memberikan pekerjaan dan menjamin pekerjaan itu selama jangka waktu yang di inginkan. Tapi untuk lebih jelasnya tanya aja langsung ke konsuler/kedutaan Denmark di Jakarta.

      Like

      Reply
  11. biand

    trimakasih banyak mba atas jawabannya :) sukses selalu untuk mba nina

    Like

    Reply
  12. armila

    mba nin….kalo warga india mo dtang k indonesia dg tujuan wisata selama 3hari perlu surat sponsor ngga?atw surat keterangan dr hotel tempat dy menginap?dan visanya apa bisa voa? makasih

    Like

    Reply
  13. desi

    Assalamualaikum maaf saya mau tanya kalo ngurus visa di Bahrain berapa lama proses nya???
    Trmksh

    Like

    Reply
  14. luga

    Mba mau tanya dong saya kn mw kehongkong beli tiketnya yang 2 bulan. Kan freenya cma 30 hari…masalah ga mba nnti di imigrasi?

    Like

    Reply
    • Nina

      ya, itu akan bermasalah, mungkin ga di tanya langsung pada saat datang, tapi pada saat keluar dari Hongkong…. jadi sebaiknya sih keluar dulu dari HK, untuk beberapa hari, lalu balik lagi untuk 30 hari kedua (itu kalo memungkinkan loh…). Atau bayar denda dan di black list. Atau, beli visa untuk secara legal tinggal di HK selama 2 bulan….

      Like

      Reply
      • luga

        Kalau beli visanya di ina atau dihongkong mba yg legal? blacklist mksdnya apa mba..?
        Tp pda saat di di bandara
        indonsia masalh ga mba soalnya saya takut ga dkasih soalnya tiket dah dibeli mba?

        Like

      • Nina

        Coba datang ke agen perjalanan dekat situ dan minta menguruskan visa untuk HK. Mereka punya jalan keluarnya

        Like

  15. Haania Smith

    Salam…,

    Blognya bagus bngat…!!!aku mau tnya nich:aku dhada passport masa brlakunya 5tahun,tp sy udah guna 1thn tuk kja.skg sy mau mlncong ke LN,Passport itu bisa digunakn gak/hrs buat baru lg…,Thank U

    Like

    Reply
  16. amelia

    Selamat malam,saya wni mau ke india harus pakai visa gk,masalahnya saya harus segera kesana untuk mendampingi pacar saya operasi

    Like

    Reply
  17. amelia

    Satu lg klo pake visa bisa instan gk dan brp cash or account bank yg harus saya miliki

    Like

    Reply
  18. joe muskanan

    Hai mba , mo nanya donk please

    aku kan baru ni ada rencana mo ke Jerman tp ga tau bingunk
    ada yg blg mending backpacks tp ada yank bilank pke jasa travelling aja biar aman .

    yank mo aku tanyain , kira kira lbh murah yank mana .???
    yank travel ato backpack ???

    trs katanya klo mo ke jerman hrs punya tabungan dulu sbgaii penjamin gitu ,
    benar ga sii ???

    Trima kasih sblm & sesudah nya ya mba

    god bless

    Like

    Reply
    • Nina

      Memang selalu lebih murah back-packing, tapi untuk ini kita harus menyelesaikan PR dengan sangat teliti. Artinya itinerarynya harus jelas setiap hari mau ngapain dan di mana, termasuk mau tidur dimana, transportnya bagaimana dan biaya nya cukup ga untuk hotel/hostel, transport dalam kota dan antar kota, makan 3x sehari, uang untuk oleh-oleh dll. Belum lagi masalah asuransi perjalanan juga harus diselesaikan sendiri dari Indonesia.
      Oya jangan lupa juga masalah visa…
      Tabungan, kalo kita mua jalan-jalan mustinya kan harus punya uang dong, apa lagi kalo ke eropa; tabungan yang ada harus bisa menjamin hidup selama di Jerman dan tiket pulang-pergi…

      Like

      Reply
  19. sem satriani

    Mbk mw ty sy pemgng pasport indnesia py permit sarawak klo mw brkunjung ke hkg. Trip sarawak hkg.hkg indonesia gmn…??

    Like

    Reply
  20. fanji

    mba saya mau tanya kalao ktp ,sim semua ilang di luar negri gimana urus nya. tp paspor mah alhamdulilah aman ,,,,,, harus gimana yah , saya kerja di cambodia (kamboja),,,,,,

    Like

    Reply
    • Nina

      KTP apa nih? Indonesia? pulang dulu ke Indonesia, lalu di urus di Indonesia dengan prosedur bikin ktp baru karena ilang… Anyway, kalo tinggal di LN kan yang di butuhin cuma passpor. kalo sampe lagi di Indo maka KTP ilang jadi masalah…

      Like

      Reply
  21. dita

    numpang tanya nih
    saya mau kerja di slovakia… terus ngurus surat visa kerja nya gimana ya caranya? soalnya denger2 agak ribet

    Like

    Reply
    • Nina

      coba ke kedutaan slovakia, dan cari tau caranya bagaimana, karena yang jelas kita harus nunjukkin surat sponsor dari slovakia, bahwa dia memang akan menanggung Dita disana, dari situ maka kedutaan Slovakia di Jakarta akan memproses visa kerjanya….

      Like

      Reply
  22. nazir

    Salam.. nina
    Maaf bertanya.. saya warga malaysia.. dan saya udah kawin sama warga indonesia, lepas lebaran tempoh hari saya bawak bapak mertua saya ke malaysia, passport bapak mertua saya tak ada visa cuma pas lawatan.. apa kah boleh saya bawak bapak mertua saya ke thailand utk dapat kan pas lawatan semula sebelum proses visa warga emas di urus oleh imigresen malaysia.. mohon di jawab.. kerna masa lawatan nya udah ngak lama lagi..

    Like

    Reply
    • Nina

      Actually as an Indonesian, your in law can visit Malaysia and Thailand for as long as max 30 days each with out visa. exceeding that he will need to apply visa. If his Malaysian visit expire, he needs to leave Malaysia but he can comeback again. Thus the solution is another holiday in Thailand, and comeback Malaysia for another 30 days visit… sounds good?

      Like

      Reply
      • nazir

        Nina thanks for answering questions from me .. I will be with my father-in-law to Thailand as soon as possible to be able to travel visa right back .. thanks ..

        Like

  23. jaya komang

    mbak mau nannyak saya kan pny pcr dri jerman.. dia mau saya kesana untuk liburan!!! saya bingung dengan masalah pembuatan visa.. apa bner membuat visa harus ada tabungan di rekening untuk biaya hidup di sana??? tapi tamu saya bilang dia mau nanggung di sana sperti makan tempat tinggal dan sbgainya… apa itu bisa??? saya tidak perlu ada tabungan di rekening?? tolong info nya mbak?? thank you

    Like

    Reply
    • Nina

      Betul, tapi kalo kamu akan jadi tamunya ‘dia’ dan dia akan menanggung selama kamu di Jerman, artinya kamu butuh:

    • 1. surat undangan dari dia yang menyatakan bahwa dia akan menanggung semua biaya hidup kamu selama di Jerman yang ditanda tangani oleh lurah/walikota tempat dia tinggal, dan yang ini harus asli, dikirim ke Indonesia, ga bisa di scan-copy lalu di email
      2. bank accountnya dia selama (mungkin) 3 bulan terakhir yang menunjukkan bahwa secara financial dia mampu menanggung kamu selama di jerman. Kayaknya yang ini harus di tanda tanganin oleh manager banknya dan di cap oleh bank tsb.
      3. Alamat dan tempat dia tinggal dimana kamu akan menginap, yang ini harus cocok dengan ttd walikota di surat undangan.
      4. Tiket pulang pergi – untuk membuktikan bahwa kamu tidak akan menetap dijerman/eropa tapi pulang lagi ke Indonesia
    • Atau cara lain yang lebih gampang adalah kamu membiayai hidup kamu sendiri selama di Eropa, jadi ga usah surat undangan yang repot, tapi syaratnya adalah:

    • 1. Tabungan kamu yang cukup untuk biaya hidup kamu selama kamu tinggal di sana selama minimal 3 bulan,
      2. booking hotel tempat kamu akan menginap diEropa
      3. Tiket pulang pergi seperti diatas.
      4. kalo mau lebih ampuh lagi, ditambah juga surat rekomendasi dari kantor kamu tempat kamu kerja yang menyatakan bahwa kamu adalah pegawai mereka sejak…. dan bahwa gaji kamu adalah …. dan kamu akan cuti ke Eropa selama…. hari, dan sepulangnya dari cuti, kamu akan kembali bekerja di kantor tersebut seperti biasa.

      Semoga membantu

      Like

    • Reply
  24. Nadya

    hallo aku mau tanya , colombia kan bebas visa untuk pemegang passport indonesia, tp untuk perjalanan saya ke sana harus transit di beberapa negara misalnya jepang dan USA, apa aku perlu visa untuk transit ? lalu yang aku butuhin apa aja ya untuk ke colombia? hanya tiket dan passport atau ada syarat lain ?… trims :)

    Like

    Reply
    • Nina

      Selama ga pindah airport atau ga keluar dari airport ga masalah mustinya…., jadi harus diperhatiin koneksi penerbangannya.

      Like

      Reply
  25. Matilda

    Hello would you mind letting me know which webhost
    you’re working with? I’ve loaded your blog in 3 completely different
    internet browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.

    Can you suggest a good internet hosting provider at a reasonable price?
    Thanks a lot, I appreciate it!

    Like

    Reply
    • Nina

      Hello Matilda, I did not use any self hosted provider at all, my blog use a wordpress platform and hosted by platform – you will recognise that by the site address: suffix wordpress.com behind my blog name. The best thing is, its FREE ….

      Like

      Reply
  26. PhuuKhan

    hi…nice blog! cm mau sekedar ngasih info update, Agustus kmrn sy ke Jordan VOA udah naik jd JD.40 = USD. 56.

    Liked by 1 person

    Reply
  27. tutang lesmana

    maaf mba mau tanya ne…saya ada di malaysia,visa saya limitnya tgl 8 oktober,bisakah pulang ke indo di tanggal 8 oktober juga ?bila tidak bisa apa yang harus saya lakukan ? Trima kasih atas penjelasannya

    Like

    Reply
    • Nina

      Lebih bail pulang tanggal 7 Oktober jadi tidak memberikan impresi buruk pada imigrasi yg mungkin berakibat di black list

      Like

      Reply
  28. tutang lesmana

    selain di blacklst apa ada akibat lain semisal tetap pada tgl 8 seperti denda atau di rogol gitu mba ?

    Like

    Reply
  29. Sharif

    Kalau ke Turkey VOA obtain lagi sejak tgl 2 September 2014 untuk high season. Biayanya US $ 35.

    Like

    Reply
    • Nina

      Ya memang banyak peraturan diatas sudah berubah sejak blog tersebut di atas di buat Januari 2013. Karenanya ada baiknya di check ulang….

      Like

      Reply
  30. Yenny yen

    Hi Mba Nina,

    Saya mau nanya. Saya warga Indonesia yang lahir di Malaysia dan mempunyai surat lahir Malaysia. Kerana status kewarganegaraan parents saya
    Indonesia maka saya dicadangkan apply passport surat lahir. sekarang saya sudah bekerja dan dalam proses membuat passport Indonesia.
    Soalan saya, bagaimanakah cara untuk saya sekiranya ingin melancong ke Korea mengikut group tourist dari Malaysia? Apakah saya boleh membuat semua dokumen perjalanan di Malaysia saja?

    Like

    Reply
    • Nina

      Hallo Yenny, saya asumsikan sekarang Yenny tinggal di Malaysia. Tidak soal untuk melancong ke Korea, dari Malaysia dan mengurus surat perjalanannya dari Malaysia.
      Contohnya saya sekarang ini tinggal di Qatar dan melancong ke Iran dengan group turist International (Amerika, Rusia, Inggris dll). semua dokumen perjalanan saya di buat di Qatar.
      So selamat jalan-jalan….

      Like

      Reply
  31. dewieasty

    salam nina
    saya mau tanya saya mau datang malaysia 30 hari apa bebas visa itu tidak di pungut biaya,,dan apa saja persyaratan nya yang harus sy bwa nanti ke malaysia nya trims

    Like

    Reply

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 637 other followers

%d bloggers like this: