comment 0

Qatar National Day

Dengan pergantian tahun dari 2007 ke tahun 2008 ini, untuk pertama kalinya saya mengalami liburan “Tahun Baru” di Qatar. Maklum, sejak tahun 2005 saya tinggal di Qatar dan menurut teman-teman lain yang sudah tinggal di Qatar selama bertahun-tahun ini baru pertama kalinya Qatar merayakan Tahun Baru dengan di iringi oleh libur….

Aneh memang, tapi begitulah kenyataannya, dan kantor kami pun libur pada hari pertama bulan Januari 2008. Tapi selidik punya selidik, liburan ini hanya berlaku untuk pegawai kantor dimana saya bekerja, kantor lain, termasuk kantor pemerintah Qatar ternyata tidak libur, bisnis as usual…

Ketika saya pertama kali datang ke Qatar, dan mengetahui bahwa mereka tidak merayakan tahun baru, dan Natal, saya tidak banyak mengeluh; saya memakluminya seratus persen. Sebagai negara Islam, mereka tidak mengenal perayaan agama lain, seperti Natal, Paskah atau Deepavali misalnya… Mereka pun menjalani hari kerja a la Islam, yaitu memulai hari kerja pada Hari Sabtu. Hari Kamis dan Jum at adalah libur akhir minggu.

Dengan pemikiran bahwa weekend yang Kamis dan Jum at menyulitkan untuk berbisnis dengan negara-negara di belahan dunia yang lain, lalu mereka merubahnya menjadi Jum at dan Sabtu. sehingga mereka cuma kehilangan hari Jum at saja untuk melakukan bisnis mereka sisanya normal seperti negara-negara lainnya.

Perhitungan tahun bisnis mereka tetap mengikuti perhitungan tahun International… ini menurut saya cukup logis, karena Qatar (yang negara Islam) tetap harus berinteraksi dengan negara-negara lainnya di dunia….

Perayaan dan libur agama terbesar dirayakan pada saat Idul Fitri, selama 3 hari dan Idul Adha, selama 4 hari…. Berbeda dengan Indonesia, tapi tetap cukup logis…. Yang jadi Aneh menurut saya adalah pada saat “Islamic New Year” – perubahan tahun Islam… Qatar tidak mengenal ini… hari berlangsung seperti biasa, lalu Mouloud (Prophet’s Birthday) juga bisnis as usual…. tidak ada perayaan atau libur apa-apa, lalu Isra Mi’raj…. juga nil…. layaknya seperti mereka menghargai liburan umat agama lain…. berlalu begitu saja… tak ada penghormatannya… Jadi sebenarnya Qatar ini negara Islam atau apa?

Yang paling aneh mungkin adalah National Day mereka, tahun-tahun sebelumnya selalu berlangsung tanggal 3 September… yang menurut saya, sebagai negara, National Day seperti juga Independence Day, hari ini adalah sakral untuk negara tersebut, jadi tak bisa di ganti sembarangan. Tapi kok tahun 2007 yang baru lalu National Day ini bergeser menjadi tanggal 18 Desember?

Filed under: Expat Archive, iJournal

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s