comment 0

Al Shahaniya – the Camel City

Salah satu kegiatan saya sebagai expatriate yang tinggal di Qatar adalah explorasi Qatar, dan kali ini kami mengunjungi kota Al Syahaniyah, kira-kira 45 km di luar (sebelah barat) kota Doha. Apa yang menarik dari kota ini? Kota ini dibangun khusus untuk Onta (camel) saja.

Sayang kami datang seminggu terlalu cepat, karena pada tanggal 23 Maret minggu depan, akan di adakan pacuan Onta tahunan untuk seluruh kawasan Arabia. Minggu ini kami harus puas dengan menyaksikan mereka berlatih.

Lucu rasanya menyaksikan pacuan Onta ini, tapi inilah “passion” tradisional orang arab, tak cuma berkuda saja seperti di Negara-negara Barat, tapi mereka juga gemar menyaksikan pacuan onta…..

Kota Al Syahaniyah ini khusus dibangun untuk berternak dan memelihara onta-onta pacuan tersebut, dan setiap hari mereka harus belatih. Lucunya jokinya bukan orang, tapi robot.

Tunggangan robot

Jockey dari Robot - foto diambil dari "the Qatar Diary" blogspot

Tetapi dibalik hobby hebat dari orang kaya Arab tersebut selalu ada cerita negatifnya. Yaitu bahwa sampai dengan tahun lalu, jockey untuk melatih onta-onta ini adalah anak-anak dibawah umur; antar umur 8 sampai 14 tahun…

Mengapa anak-anak, karena berat badan mereka masih ringan. Dan jangan salah anak-anak ini buka orang arab apalagi orang katar, mereka adalah culik dari Bangladesh, India Pakistan, dan Sudan, dan diperlakukan sebagai budak. Diatas umur 14 tahun mereka tak dipakai lagi dan di buang begitu saja.

Aktivitas ini secara resmi menjadi illegal karena “Human Right Activist” yang menyoroti hal ini dan Qatar tidak berani ambil resiko apa bila mereka ingin menjadi bagian dari Negara terpandang di dunia.

Foto lebih lanjut silahkan liat disini,  photoblog saya

Filed under: iJournal, Travel Notes

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s