comment 0

Kesalahan Teknis

Pada blog saya terdahulu, saya bercerita tentang penyambutan gaya Middle East yang jauh berbeda dengan gaya Singapore atau gaya Indonesia. Ini semua kan kalau berjalan dengan lancar. Lalu bagaimana apa bila terjadi kesalahan teknis, dan penjemputan tidak terjadi…. apa yang harus kita lakukan dalam situasi seperti ini? Berikut ini saran saya kalau terjadi kesalahan teknis:

  • Tukarkan uang yang sekitar $200 sampai $300.- itu di airpor dengan uang lokal, yaitu Qatar Riyal. Dan ini dihargai sekitar QAR 360,- untuk setiap $100.
  • Uang ini lebih dari cukup untuk membayar taksi dari airport ke tempat tujuan (ada surcharge untuk airport taksi keluar dari airport sebesar QAR 20.- dan lalu meter taksi berputar setiap 100 m seperti layaknya di Jakarta.
  • Tindakan pertama tentunya adalah menelpon ke “contact person” yang menghubungi kita melalui email. Apabila sampai dia tidak mencantumkan nomor teleponnya yang bisa dihubungi, maka kita harus menanyakan nomor teleponnya sebelum  berangkat meninggalkan Jakarta. Pastikan bahwa kita mendapatkan nomor kantor dan nomor telpon sel nya. (untuk nomor mobile, dimulai dengan angka 5 atau 6 dan untuk nomor PSTN dimulai dengan angka 4)
  • Tindakan ke dua tentunya adalah booking hotel dari airport. Di doha airport, sesudah baggage check dan keluar, ada deretan counter hotel-hotel bintang 5 yang menerima bookingan dari mereka yang baru tiba di Doha. sekedar untuk informasi saja, uang $300 hanya cukup untuk menginap di hotel bintang 4 selama semalam saja. Jadi pastikan bahwa kita berhasil menghubungi kantor dalam waktu kurang dari semalam. sehingga tidak perlu booking hotel sama sekali. Alternatif lain tentunya adalah membooking hotel tersebut dengan credit card yang dibawa dari Jakarta.

Tapi sebenarnya kita tak usah terlalu ketakutan dengan “kesalahan teknis” seperti ini, karena rasanya apabila pegawai baru datang, semua system siap dengan penerimaan ini semua. Termasuk diantaranya adalah alokasi komputer untuk bekerja. Artinya masalah penjemputan dari airport adalah hal umum dan rutin.

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s