comments 12

Bekerja di Luar Negeri

Sebenarnya keinginan saya membuat blog salah satunya adalah berbagi pengalaman seperti apasih bekerja di luar Indonesia itu? dengan harapan akan semakin banyak orang Indonesia, terutama para profesional yang tertarik untuk bekerja di luar negeri, tak cuma jago kandang, kalah dengan para buruh Indonesia yang ngotot untuk mendulang dollar di negeri orang. Setelah saya melihat dunia luar, di luar Indonesia, saya jadi mengerti sulitnya orang Indonesia untuk survive di luar negeri, dimana pun itu, terutama apabila kita ingin berbisnis di negeri orang. Jalan yang lebih mudah tentunya menjual tenaga kita, apakah itu tenaga kasar, tenaga terampil atau tenaga profesional. Idealnya tentu yang kita jual adalah tenaga profesional, sehingga uang yang dikirim ke rumah (di Indonesia) tentunya juga lebih banyak, sehingga makin banyak orang yang menikmatinya rupiah, baik langsung atau tidak langsung….

Sebenarnya ada banyak cara untuk bekerja di luar negeri:

  1. Koneksi dari teman-teman yang sudah bekerja di luarnegeri… tentunya ini untuk mereka-mereka yang punya teman di luar negeri.
  2. Menjawab iklan di koran lokal yang mungkin saja dipasang oleh perusahaan asing itu untuk lowongan di kantor mereka di luar negeri sana
  3. Bergabung dengan agen tenaga kerja yang tentunya mereka memiliki kontak dengan perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jasa agen ini.

Ekspatriasi yang kebanyakan di lakukan oleh orang Indonesia biasanya adalah industri Minyak dan Gas. Mereka ada di mana-mana; di Timur Tengah, dan di Malaysia yang juga membutuhkan tenaga ahli dibidan Minyak dan Gas.

Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak bekerja di bidang ini? Perhotelan ada dimana-mana, dan cukup banyak orang indonesia yang bekerja di industri ini, sayangnya jumlahnya tidak cukup signifikan secara total dibandingkan dengan tenaga kerja dari Filipina, mereka ada dimana-mana. Industri yang lain….agak sulit kecuali kita benar-benar mempunyai koneksi yang kuat untuk membawa kita keluar negeri.

Kebetulan industri saya bekerja bukan Oil & Gas, tapi Industri Konstruksi. Industri ini gampang-gampang susah. Banyak teman-teman saya yang bekerja di Singapore dan Malaysia untuk industri ini. Mungkin karena sudah banyak orang Indonesia yang bekerja disana, yang menjadikan reputasi Indonesia sudah dikenal baik. Diluar ke dua negara ini, nampaknya sulit untuk di tembus tenaga kerja Indonesia.

Untuk bekerja di Singapore, lamaran bisa dilakukan langsung ke perusahaan tujuan, mereka langsung merekrut calon pegawainya sendiri, tanpa melalui agen tenaga kerja, dan sering kali mereka datang ke Indonesia untuk melakukan wawancara langsung.

Lalu bagaimana dengan bekerja di luar negeri dan di luar Singapore atau Malaysia? Ini sulit, karena biasanya untuk bisa mencapai Middle East atau tempat-tempat eksotik yang lain kesempatan itu di ketahui oleh agen tenaga kerja. Agen tenaga kerja ini biasanya lebih menyukai orang-orang yang sudah berada di luar Indonesia. Alasannya:

  • Sudah terbukti tahan banting untuk bekerja di Luar Negeri, mampu mengatasi sindroma: “mangan ga mangan pokoke kumpul…”
  • Sudah melalui segala macam test kesehatan atau dengan kata lain mereka sehat secara internasional, bebas dari penyakit tropis yang sulit obatnya di luar negara-negara tropis
  • Mampu berfungsi di negara orang dengan segala macam handicap nya
  • Dll alasan yang tidak terpikir sebelumnya.

Benang merah yang di ambil: apabila sudah berhasil bekerja di luar negeri, kalau ingin pindah perusahaan sebaiknya lamar-melamar pekerjaan baru dilakukan sebelum kontrak habis. Jangan sekali-kali melamar dari Indonesia; akan susah lagi untuk keluar negeri sekali kita sudah berada di Indonesia.

Filed under: Expat Archive, iJournal

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

12 Comments

  1. Hallo, menurut saya info yang ditampilkan di blog ini sangat bagus. Agar orang Indonesia tidak takut untk bekerja di luar negeri. Sayangnya banyak yang berpikiran, lebih baik bekerja di Indonesia dengan gaji di bawah Rp 1 juta daripada di luar negeri sebagai pengasuh anak atau pembantu rumahtangga. Istilahnya, lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di negeri orang. Masa sih mau dihujani batu? Makanya bangsa kita susah untuk maju, semua berpikir ingin kerja jadi boss dan bukan jadi bawahan.

    Like

  2. Nina

    Setuju dengan pendapat anda, itu sebabnya saya bikin blog ini, dengan harapan bisa membuka wawasan temen2 yang masih ada di Indonesia.
    Thanks for the visit…\

    Like

  3. makasih sekal informasinya…. kebetulan aku lagi pengen bnget kerja di luar negeri…
    thanks ya…

    Like

  4. Hari Kurniawan

    trus pengurusan visa tinggal n kerja susah ngga kalo di s

    Like

  5. Niken

    Thx 4 ur inform. Aq pgn bgt krja di luar ngri.bsa tlg bntu?coz aq jg ndak pnya tmn yg gawe d luar.tq

    Like

  6. Gatot PD

    untuk yang baru pertama kali kerja DI LUAR negeri.negara mana yang kira2 lebih tepat?

    Like

  7. NSuwarno

    Negara mana aja sebenernya ga jadi masalah, karena kan kita sebenernya ga terlalu berinteraksi dengan penduduk lokal. Yang penting adalah Perusahaan tempat kita bekerja, apakah itu perusahaan yg benar memperhatikan karyawannya….

    Like

  8. biondi

    tolong bantu saya agar bisa bekerja di luar negri. . . .
    saya mohon petunjuk dan bantuan y. . . . .
    terima kasih. . . .

    Like

  9. mia

    wah, pasti banyak yang terbuka wawasannya dengan membaca blog anda. kalau dengar2 ada yang butuh pengasuh bayi, boleh dong diinfo. tapi usia saya 46th, jarang sakit, saya pernah bekerja jadi sekretaris selama 9th hingga hamil anak ke-2, lalu gabung membantu suami sebagai tenaga administrasi hingga saat ini. setelah anak2 besar, saya ingin mencari tantangan baru-pengasuh bayi sangat menarik saya kira karena saya suka balita dan menjunjung kejujuran. saya memperkirakan masih kuat bekerja hingga 10th ke depan. kalau soal tahan banting saya sudah biasa karena sejak lulus sma saya mencari nafkah sendiri untuk kuliah dan biaya hidup. Trimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini.

    Like

  10. arman

    bekerja diluar negeri sungguh sangat menyenangkan.
    apalagi sudah pernah kita beradabtasi dengan budaya negara tersebut, iklim, bahasa, lingkungan kerja dan jenis pekerjaan yang telah kita lakukan.
    semakin jauh kaki kita melangkah, semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan.
    apalagi tujuan pengalaman yang kita peroleh di negara-negara yang lebih baik dan maju dengan negara kita.

    hal lain juga kita ingin menuju negara lain, karena sukarnya mencari pekerjaan di negeri sendiri.
    kemudian ditambah dengan ketatnya persaingan yang dilakukan oleh berbagai perusahaan dalam perengutan calon karyawan.
    belum lagi jenjang pendidikan yang tinggi dalam penerapan persyaratan yang harus di miliki bagi calon pencari kerja.

    beda halnya diluar negeri, untuk perengutan, perusahaan penerima sangat memprioritaskan keterampilan yang di miliki oleh calon pelamar.
    calon pelamar harus dapat mempraktikan langsung skill yang dimilikinya ditempat lowongan pekerjaan yang di butuhkan pada perusahaan penerima tersebut.
    jika calon pelamar dapat melakukan pekerjaan tersebut, pihak perusahaan langsung menerimanya, dan negosiasi penerapan gajipun terjadi di kedua belah pihak.
    kemudian pihak perusahaan memberi perlengkapan baju seragam perusahaan untuk esok harinya langsung masuk kerja.
    proses perengutan yang dilakukan tidak bertele-tele dan memakan waktu yang panjang.
    hanya membutuhkan 1-2 hari saja, jika calon pekerja dan penerima kerja dalam satu wilayah yang sama.
    sedangkan jika calon pencari kerja dan penerima kerja beda negara, pastilah proses yang dibutuhkan sangat panjang, karena untuk menuju kenegara perekonomiannya yang lebih baik dan maju dari negara kita, jika kita ingin bekerja secara legal dan menetap dalam kurun waktu yang lama, haruslah memiliki berbagai prosudur dan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintahan negara tersebut, terutama pada proses kantor imigrasi negara tersebut.

    Like

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s