comments 2

Doggie

Sebagai pecinta binatang, saya memiliki 5 ekor anjing yang lucu-lucu… Tapi itu semua saya tinggal di Jakarta, ibu dan adik-adik saya merawatnya sekarang.

Tinggal di Qatar, bukan berarti saya melupakan kecintaan saya pada binatang yang loyal ini. Sayangnya kemungkinan memelihara anjing jadi tidak mudah… ini karena gaya hidup saya yang berpindah-pindah, dan sering traveling, membuat komitmen untuk memelihara anjing menjadi sulit… Maklum anjing tidak seperti kucing, yang mampu mengurus dirinya sendiri. Anjing membutuhkan tuannya, dan sebagai imbalan, anjing ini akan sangat loyal pada tuannya.

Tahun yang lalu, di tempat saya kerja, ada yang membuang anjingnya.  Karena tidak mungkin saya bawa pulang dan saya pelihara (seperti layaknya ketika saya tinggal di Jakarta), yang bisa saya lakukan adalah mengajaknya bermain dan memberi makan….

Saya menamakannya Luki

Anak anjing betina berusia kurang lebih 4 bulan yang terbuang ini sangat bagus, tidak seperti kebanyakan anjing liar di Jakarta, sayapun lalu melakukan research saya tentang anjing ini di wikipedia yang ternyata anjing ini termasuk jenis anjing Saluki yaitu anjing arab (arabian hound) dan sejenis dengan anjing grayhound.

Saya lalu memasang ikaln di supermarket terdekat dan juga di website QatarLiving, dengan tujuan mungkin orang-orang kulit putih yang banyak di Doha ini ada yang berminat, karena merekalah penyayang binatang.

Diluar dugaan beberapa hari kemudian seorang Engineer Turki berminat untuk membawanya pulang dan mengurusnya… Wah Ini benar-benar berita baik. Luki2, – begitu saya menamakan dia – lalu memiliki rumah, dimana dia bisa “pulang” dan majikannya yang mengurusnya. Luki2 ini juga lalu seperti kami-kami… yang setiap pagi pergi “bekerja” dan setiap sore pulang…. Luki2 pun terawat dengan baik, memakai kerah dan mendapatkan faksinasi seperti layaknya anjing rumahan yang lain….

Sebulan kemudian saya menemukan anak anjing lain yang kira-kira lebih muda dari Luki2 yang saat itu sudah berusia sekitar 5 bulan dan hampir menjadi anjing dewasa. Luki3, demikian saya menamakannya. Rupanya kawasan konstruksi adalah tempat pembuangan anjing….

Siapa mau mengadopsi saya?

Beruntung Luki3 segera memperoleh rumah. Malam itu juga dia diambil oleh seorang Australia yang berminat mengurusnya.

Bermain dengan dua Saluki

Saluki

 

Dari research yang saya lakukan tentang anjing jenis Saluki ini mengatakan Saluki adalah jenis anjing pertama yang di jinakkan oleh manusia, bahkan malah Saluki sudah bersama Manusia selama peradaban manusia itu sendiri. Pertama kali dikenal bersama manusia sejak jaman kerajaan mesir, ia bahkan di mummykan bersama firaun Mesir. Dikalangan orang-orang arab dan beduin, jenis ini di anggap sakral, dan pemberian Allah. Dari semua binatang peliharaan yang mereka miliki, cuma Saluki ini yang boleh masuk ke dalam salla mereka. Sayangnya persepsi ini kemudian berubah, hanya kaum Beduin saja yang masih menganggapnya binatang terhormat.

Akhir Cerita

Cerita diatas kemudian berlanjut, setelah lebih dari satu tahun Luki2 datang dan pergi ke kantor setiap hari, Tuan Turki pun memutuskan untuk membawanya ke Australia. Sambil mengurus segala macam masalah dokumentasi imigrasi untuk membawa Luki2 keluar Qatar pindah ke Australia, Lukipun harus periksa kesehatannya, termasuk vaksinasi dan menghubungi Dokter Hewan di Australia.

Hanya sebulan sebelum vaksinasi terakhirnya dan sebulan sebelum keberangkatannya ke Australia, Luki2 ditemukan ditembak mati oleh penduduk setempat, dekat kawasan konstruksi dan padang pasir lokal….

Tulisan ini di buat untuk mengenang Luki2…. sedih rasanya bahwa orang tersebut tega membunuh anjing yang tak melakukan kesalahan apa-apa….

Filed under: Expat Archive, iJournal

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

2 Comments

  1. Pingback: Dog Day Afternoon « Ini cerita saya,

I love to hear from you...

