comment 0

Merencanakan Liburan ke Philipina

Liburan akhir tahun kali ini adalah ke Manila, ibukota negara Philipina. Seperti rutinitas merencanakan liburan ke suatu negara, saya selalu berusaha mencari tahu tentang tujuan liburan ini dari segala sumber, teman-teman orang Filipina, buku, internet dll. Diluar dugaan mencari informasi tentang Philippine dan Manila ternyata tidak mudah.

Pertanyaan-pertanyaan sederhana, seperti :

  • Di airport apa sebaiknya saya mendarat, dan seberapa jauh dair kota Manila?
  • Sebaiknya tinggal di hotel apa di Manila, yang dekat dengan tempat wisata atau dekat dengan pusat pertokoan, tempat jajan, dll?
  • Apabila wisata metropolitan lalu tempat apa saja yang layak di kunjungi di Manila?
  • Karena saya akan menghadiri pesta pernikahan teman, maka gambaran lokasi tempat pernikahan pun harus diketahui juga.
  • Bagaimana sistem transportasinya? Sehingga memudahkan kita untuk berkeliling kota, atau setidaknya datang ketempat pernikahan tersebut.

Pertanyaan sederhana seperti di atas ternyata tidak terjawab oleh banyak teman-teman saya yang orang Philippina, meraka mengusulkan banyak nama tempat yang sama sekali tidak berarti dan tidak memberikan gambaran apa-apa untuk orang awam yang pertama kali berkunjung ke Manila. Dan sepertinya dibutuhkan kemampuan tertentu untuk bisa menjelaskan kepada orang awam…

Ini membuat saya berpikir mungkin memang tidak ada obyek yang menarik di Manila…. kita harus berkunjung ke tempat-tempat lain di luar Manila. Apabila ini kasusnya, lalu bagaimana dengan sarana transportasi untuk ketempat lain di luar Manila? Informasi inipun sulit didapat.

Bandingkan dengan Indonesia yang mungkin memiliki obyek wisata yang lebih kaya dari pada Filipina. Kecuali Bali, rasanya sedikit info tentang Indonesia yang lainnya…. dan janga lupa kita harus melihatnya dari kacamata orang asing yang ingin datang ke Indonesia.

Filed under: iJournal, Travel Resources

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s