comments 4

SIM Indonesia di UK.

SIM Indonesia

SIM Indonesia

Sejak mendengar banyak cerita-cerita dari teman-teman yang memperoleh kesulitan untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Qatar, saya jadi mengamati sejauh apa kekuatan SIM Indonesia di Luar Negeri. Setiap negara memiliki peraturannya sendiri-sendiri terhadap driving license.

Karena kunjungan wisata saya kali ini adalah ke Inggris dan ke country side, dan kota-kota kecil lainnya di South England – sama sekali tidak menyentuh London seperti umumnya kunjungan wisata dari Indonesia yang populer; maka alat transportasi yang digunakan adalah mobil. Karenanya kami harus menyewa mobil.

Teman perjalanan saya dari Bahrain yang orang lokal (maksudnya orang Inggris) tentunya adalah supir utama. Tetapi karena pesanan mobil sewaan yang di lakukan lewat internet dan dibuat atas nama saya, maka teman saya mengijinkan saya untuk menjadi co-driver – supir cadangan – padahal saya tidak kenal jalanan di Inggris (meskipun sama-sama setir kanan seperti di Indonesia), apalagi perjalanan yang akan kami lakukan adalah perjalanan antar kota.

Percaya atau tidak ketika saya di daftarkan untuk menjadi salah satu pengendara mobil sewaan tersebut, SIM Internasional yang saya miliki tidak begitu “bergigi”, petugasnya lebih memperhatikan SIM saya yang dikeluarkan oleh Komdak di Jakarta yang berbahasa Indonesia itu. Beruntung saya membawanya dan tidak di tinggal di Bahrain atau malah lebih konyol lagi di Jakarta.

Cuma koreksi untuk Polisi Lalu Lintas Indonesia yang mengeluarkan SIM kayaknya harus di cantumkan juga di kartu SIM itu “tanggal di keluarkan” SIM tersebut, bukan hanya “berlaku s/d” saja….

Filed under: iJournal, Travel Resources

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

4 Comments

  1. ade

    sebetulnya SIM yg dikeluarkan komdak itu, bukannya “ga ada tanggal di keluarkannya” tapi letak tanggal dikeluarkan tidak diletakkan di depan “berlaku s/d” melainkan di atas tanda tangan DITLANTAS POLADA METROJAYA….

    Like

  2. Pingback: Wisata ke Inggris « Ini cerita saya,

  3. Pingback: Naik Mobil di Inggris Selatan 1 « Ini cerita saya,

I love to hear from you...

