comments 4

Berkunjung ke Stonehenge

Bagi mereka yang menyukai sejarah dan arkeologi, tentunya kata dan nama stonehenge ini tidak asing; itu loh konstruksi pertama yang dibuat oleh umat manusia jaman pra-sejarah.

Lokasi

peta kawasan Stonehenge

peta kawasan Stonehenget

Dimana persisnya Stonehenge ini? Untuk yang samar-samar mengetahuinya, Stonehenge terletak di negara Inggirs, sayang agak jauh dari kota London. Tapi jangan kuatir, ada banyak paket tour di hotel-hotel di London dan kota-kota besar lainnya di Inggris yang menawarkannya. Kunjungannyapun tidak sulit, naik mobil/bus wisata mungkin cuma 2 jam saja.

Apabila kita ingin secara independen datang kesana, naik kereta api pun tidak soal, bisa di capai dari Stasiun Waterloo di London dan tujuan akhirnya adalah stasiun KA di Salisbury, yang kira-kira jaraknya 15 km lebih sedikit dari Stonehenge ini. Harga tiketnya sekarang ini kira-kira GBP 25.00 return. atau untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website tentang Stonehenge ini

Stonehenge

Publikasi tentang Stonehenge ini cukup besar, malah ada salah satu website yang mengatakan: “Stonehenge is surely Britain’s greatest national icon…”. Tapi apa sebenarnya kisah dibalik itu semua?

Stonehenge sebenarnya adalah kelompok batu menhir (seperti yang di ceritakan oleh komik Obelix) besar, yang ditumpuk sedemikian rupa, yang mana pada jamannya adalah merupakan konstruksi engineering yang menakjubkan.

Saya tidak mau cerita terlalu panjang lebar tentang Stonehenge ini, karena ada banyak tulisan tentang ini yang bisa di buka di jaringan internet ini. Website stonehenge yang ini cukup populer dan singkat membahasnya.

Berwisata ke Stonehenge

Saya berkesempatan untuk datang kesana langsung, berkendaraan mobil sendiri. Sebenarnya pemandangan yang disajikan apabila kita datang dengan mobil/bus cukup dramatis, karena posisi jalan (apabila kita datang dari arah timur) cukup tinggi terhadap lapangan terbuka lokasi prasasti ini. Sayang nya ketika kami mencapai tempat itu hujan deras (ini rupanya yang dikatakan orang “english weather”) sehingga tak tak bisa membuat foto-foto yang menarik.

Hujan kemudian langsung berhenti pada saat kami mencapai tempat parkir mobil. Sehingga ada sedikit foto-foto yang tetap bisa saya rekam (lihat pada blog seasoned traveller saya)

Stonehenge

Stonehenge

Pendapat saya? – lepas dari publikasi yang heboh yang dilakukan oleh pemerintah Inggris… ternyata Stonehenge tidak sebesar yang pernah saya bayangkan.

Impressive? – hmm… saya tak begitu yakin terhadap yang ini… mungkin apabila 10 adalah sangat impressive maka skore saya cuma 4 saja.

Worth to visit? – sama sekali tidak!

Gilanya, banyak turis Amerika yang datang dengan rombongan busnya… Kira-kira mereka merasa tertipu ga ya…?

Yang mungkin bisa di cermati adalah bahwa kita juga punya banyak prasasti pra sejarah seperti yang ada di Kutai, tapi kenapa tidak bisa memiliki publikasi yang sama? adakah karena ke kurang perdulian bangsa indonesia terhadap sejarah dan peninggalan nenek moyang kita? atau karena masalah bahasa yang menjadi kendala untuk banyak hal? atau ke dua-duanya, atau ada lagi yang lain mungkin….?

 

Filed under: iJournal, Travel Notes

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

4 Comments

  1. Wuaah hebat udah kesana, sepertinya kalo mau populer situs2 kita harus di kasih issue-issue yang agak nyentrik, seperti stonehenge yg konon buatan Alien. Hehehe!

    salam

    Like

  2. Pingback: Wisata ke Inggris « Ini cerita saya,

  3. Pingback: Berkunjung ke Stonehenge « The Seasoned Traveller

  4. Pingback: Naik Mobil di Inggris Selatan-2 « Ini cerita saya,

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s