comments 8

Membuat Visa ke Inggris

visa for UKMenyambung tulisan saya sebelum ini, Wisata ke Inggris, untuk orang Indonesia yang senang traveling ke manca negara, masalah visa selalu jadi issue utama (… huh susahnya jadi orang Indonesia…) selain membeli tiket.  Beruntung bagi mereka yang tinggal di Indonesia, visa biasanya menjadi bagian dari jasa yang ditawarkan oleh agen perjalanan, jadi kita tidak pusing dengan urusan seperti ini. Tapi bagaimana dengan mereka yang sudah berada di Luar Negeri?

Mungkin tidak jadi soal apabila kita sudah berada di salah satu negara Eropa dan ingin ke negara Eropa yang lain, karena Ijin tinggalnya untuk negara itu sudah mencakup negara-negara eropa yang lain (termasuk dalam perjanjian Schengen). Tapi itu bukan berarti menjamin mereka berkunjung ke Inggris. Saya tinggal di Middle East, dan ingin berkunjung ke Inggris, sama saja.  Jangan harap agen perjalanan akan memberikan pelayanan pengurusan visa; mereka malah menyarankan saya untuk memastikan bahwa saya akan memperoleh visa tersebut baru kemudian saya datang kembali padanya untuk membeli tiket.

Ini cerita saya mengurus visa ke Inggris:

  • Check dengan Google setempat, bagaimana cara memperoleh visa ke Inggris, karena setau saya, Kedutaan Inggris mendelegasikan pengurusan visanya ke pihak ketiga, Kedutaan Inggris tidak berhubungan langsung dengan para pemohon visa untuk Inggirs. Untuk lebih jelasnya tentunya kita harus berhubungan dengan agen tersebut yang alamatnya di seluruh dunia bisa diliat di website visa4UK. Disitu ada segala macam informasi, tidak cuma mereka yang ingin menjadi turis ke Inggris, tapi termasuk juga untuk mereka yang ingin bekerja di Inggris.
  • Website ini sangat informatif, disitu kita bisa mengetahui alamat agen Visa4UK di negara domisili kit, dan dokumen apa saja yang harus di kumpulkan untuk memperoleh visa tersebut sebelum kita maju untuk menghubungi agen resmi.
  • Dokumen utama tentunya adalah formulir isian yang bisa di download dari website yang sama. Dari formulir inilah kita mengetahui dokumen apa saja yang harus disertakan; termasuk didalamnya adalah passport foto seperti apa yang mereka inginkan. Maklum jaman sekarang setiap negara punya spesifikasi passport fotonya sendiri-sendiri, yang membuat kita harus membuat passport foto yang berbeda-beda untuk setiap negara tujuan….( huh susahnya jadi warga negara Indonesia….).
  • Sesudah melengkapi semua dokumen yang harus dibawa, (termasuk didalamnya adalah slip gaji selama enam bulan terakhir dan rekomendasi dari kantor) barulah kita membawanya ke agen setempat, dan membayar visa tersebut.
  • Visa kunjungan tersebut ada bermacam-macam, untuk kunjungan pertama biasanya mereka akan memberikan ijin tinggal sebagai multiple entry untuk selama 6 bulan dengan harga yang paling murah, £ 45.-Kunjungan ke dua biasanya akan diberikan kelonggaran dengan jangka waktu yang lebih lama antara 1 tahun sampai dengan 10 tahun dan dengan harganya sangat mahal, lebih dari empat kalinya,  £ 205.- (bandingkan dengan kunjungan orang Inggris ke Indonesia, berapa mereka harus membayar visany? cuma $25 saja di airport, tanpa tetek bengek dokumen lain selain selain passport).

Untungnya proses pembuatan visa ini tidak selama seperti apabila kita ingin pergi ke Eroopa, hanya dalam waktu kurang lebih 48 jam saja, passpor beserta visanya sudah bisa diambil.

Filed under: iJournal, Travel Resources

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

8 Comments

  1. DIAN

    Hi, salam kenal, mungkin kamu bisa bantu…saya warga negara indonesia menikah dengan orang prancis di prancis dan tinggal di prancis baru 1 tahun. Saya mau berlibur ke inggris 1 minggu. Yang saya tanyakan..apakah saya perlu visa? mudah2an kamu tau info mengenai itu. Terima kasih banyak🙂

    DIAN

    Like

  2. Ni Nyoman resi

    Hi please I need help from you thought I never met you but I need to know how long visa taken for I want holiday to UK in June
    If you know
    Let me know!!
    Thanks you!!🙂

    Like

    • Provided that all the paper works complete, visa turn over will only take a couple of
      Days

      Like

    • mariana

      Hai,salam kenal nama saya mariana dari indonesia.saya mau tanya saya ingin ke inggris .gimana ya caranya dapat visa dan gimana perjalanannya?

      Like

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s