packing-2
comment 1

Pertanyaan tentang ‘Packing’

Melakukan perjalanan keluar kota untuk keperluan bisnis atau sekedar berlibur bukanlah hal yang bisa di abaikan begitu saja. Beberapa kali saya melakukan perjalanan keluar kota masalah yang sama selalu saja timbul, yaitu mengepak perlengkapan dan pakaian apa saja yang harus di bawa.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mulai berkemas-kemas:

    1. Dengan siapa perjalanan ini dilakukan? Apakah ini perjalan sendirian, dan ‘traveling light?’ atau perjalanan panjang dengan keluarga? Perjalanan berdua pun berbeda dengan perjalanan dengan keluarga, apalagi keluarga muda. Ini juga menentukan berapa besar tas/kopor yang harus dibawa, dan berapa banyak. Perjalanan dengan keluarga muda (dengan anak-anak yang masih dibawah umur tentunya punya seni tersendiri).
    2. Apa tujuan perjalanan ini? Perjalanan bisnis, acara keluarga atau melulu liburan. Untuk yang terakhir ini pun ada kategorinya sendiri, liburan seperti apa yang akan dilakukan?  Ini pakaian seperti apa yang akan dibawa, apakah pakaian resmi ke kantor atau pun pakaian pantai untuk liburan.
    3. Berapa lama perjalanan ini? Apakah semalam saja, beberapa hari ataupun malah beberapa minggu. Ini menentukan besarnya kopor yang akan dibawa, apakah cukup carry on bag saja, yang cukup mengangkut perlengkapan kantor, atau malah ransel untuk tracking. Dan berapa besar tas yang harus di bawa?
    4. Apa alat transportasi perjalanan ini? Apakah kita akan melakukan perjalanan dengan mobil (Road Trip)? Atau dengan pesawat dan lalu kita tinggal di hotel? Atau perjalanan tracking dimana kita akan berganti-ganti tempat tidur setiap hari.
    5. Kemana tujuan perjalanan ini? Dalam negeri? Atau luar negeri? Dan yang belakangan ini memiliki tambahan hal-hal lain yang juga harus dipertimbangkan, yang tidak usah dipusingkan apabila kita melakukan perjalanan dalam negeri.

Ini pengalaman saya untuk jenis perjalanan yang berbeda-beda yang mana saya baru tau sekarang (dan mengalaminya sendiri) bahwa setiap jenis perjalanan yang saya alami selalu saja ada sesuatu yang terlupakan.

Lepas dari pertanyaan tersebut diatas, menurut saya ada hal-hal lain yang konsisten dan menjadi keharusan untuk dibawa pada saat liburan sejalan dengan perkembangan jaman:

  1. Telepon genggammobile phone, sebenarnya ini bisa saja di tinggal di rumah, karena pada saat kita liburan kita tidak ingin di telepon oleh rekanan bisnis misalnya, atau dengan kata lain kita tidak ingin di pusingkan dengan urusan harian yang tidak penting. Tapi kenyataannya kita tidak bisa meninggalkan alat ini dirumah, dan bagian dari ‘mobile phone’ ini tidak Cuma pesawatnya, tapi juga chargernya dan sering kali kita memerlukan earphone nya juga.
  2. Kamera – untuk perjalanan bisnis (kecuali untuk photographer professional) mungkin kita bisa menggunakan fasilitas kamera yang ada di ‘hand-phone,’ tapi untuk perjalanan wisata keluarga, atau untuk acara keluarga yang lain, kita memerlukan membawa kamera sesungguhnya, dan tidak perduli apakah itu kamera poket atau kamera besar (DSLR), perlangkapan ini memerlukan segala macam tetek bengek yang lain seperti halnya hand-phone: charger, memory card, dll
  3. Laptop – sejalan dengan perkembangan jaman, di era cyberspace ini kita menjadi tidak bisa meninggalkan benda ini dirumah. Laptop menjadi sangat penting apabila kita akan melakukan perjalanan bisnis. Tapi ini tetap dibutuhkan meskipun kita Cuma melakukan perjalanan wisata keluarga saja…. Apa lagi wisata keluarga ini adalah citytour. Kita bisa mengecek apa saja yang berlangsung di kota tujuan dengan fasilitas internet yang terhubungkan dengan laptop ini di kamar hotel misalnya, atau sederhana saja, menelepon ke rumah dengan skype…. Dan jangan salah Laptop ini memerlukan ruangannya sendiri dan segala accessories nya: charger, mouse,

Dengan segala macam keperluan yang berbeda-beda, dan perlengkapan yang berbeda-beda, pada akhirnya pertanyaannya adalah bagaimana kita mengemasnya kedalam kopor, dan mengaturnya didalam kopor tersebut sehingga:

  1. Mudah dicari dan diambilnya kembali
  2. Mudah di ingat sehingga tidak terlupakan untuk mengemasnya kembali
  3. Mudah dikemas kembali ke dalam kopor
Filed under: iJournal, Travel Resources

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

1 Comment so far

  1. Packing salah satu hal yang paling akhir saya lakukan kalau mau travelling. Pengennya, saya punya mantra Harry Potter dan semua rapi dalam sekejab.. hehehhehe… Urusan packing ini memang bikin ribet, terutama urusan tetek bengek electronik. Syukur, skrg sudah ada tablet (tetap juga tidak bisa menggantikan laptop), jadi ngga perlu bawa laptop yang perlu satu ruangan khusus. Tambahan lagi, saya selalu bawa buku (ngga puas juga baca buku di tablet), yang biasanya jadi teman seperjalanan secara saya sering travelling sendirian. Hehehehe…

    Like

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s