001-1
comments 6

The English Lottery

Ketika saya bekerja di Jakarta hampir 10 tahun yang lalu, kadang-kadang di kantor ada pasar taruhan dalam rangka pertandingan sepakbola piala dunia, tapi saya tidak pernah ambil bagian dengan kegiatan itu. Sayapun kurang ingat bagaimana aturan mainnya, maklum karena saya tidak terlibat, biasanya para pegawai pria saja yang terlibat. Bekerja di Qatar, suasananya tentu berbeda, maklum di kantor pegawainya terdiri dari berbagai kebangsaan. Jadi tentunya setiap kebangsaan punya kebiasaan yang berbeda-beda dan merekapun membawa tradisi dari negara masing-masing tentunya.

***

Karena saya adalah satu-satunya pegawai bangsa Indonesia, saya tidak punya anggota gang yang mewakili kelompok Indonesia. Saya bahkan “terpaksa setengah” mengikuti gang suami saya yang orang Inggris yang kebetulan lumayan banyak jumlahnya. Seperti kita semua tau, laki-laki Inggris yang tidak kenal satu sama lain bisa menjadi akrab dan ngobrol berlama-lama meskipun jauh di rantau hanya karena masalah olahraga, cricket, golf, dan tentu saja sepakbola. Ada banyak tradisi dibalik kefanatikan mereka terhadap hal-hal tersebut yang kita sebagai orang luar tidak akan mengerti, misalnya yang saya sebutkan di atas itu, taruhan atau yang mereka sebut “lottery

***

Hari ini pertama kalinya saya terlibat dalam lottery ini, dan berhubungan dengan sepakbola PREMIER LEAGUE (Liga Utama) tentunya. bagaimana cara bermainnya? Jangan dikira bahwa kita menyebutkan siapa yang akan masuk final nanti (final baru tahun depan loh), atau skor pertandingan antar tim anu vs anu minggu ini dan siapa yang menebak tepat maka dia akan mendapat semua hasil uang yang dikumpulkan untuk taruhan tersebut…. Perkiraan ini salah besar.

Aturan mainnya sebenarnya lebih seperti arisan:

  1. Saya tidak harus menarik secarik kertas yang bertuliskan salah satu tim yang termasuk dalam Liga Utama dari dalam amplop tertutup untuk menetapkan bahwa itulah kesebelasan sepak bola yang saya dukung di lottery ini.
  2. Setiap minggu semua yang terlibat dalam lottery ini harus mengumpulkan uang 10 Riyal.
  3. Setiap setelah beberapa minggu Liga Utama ini berjalan, pasti akan ada tim yang sudah memasukkan total 11 gol, maka dia lah yang akan memperoleh tabungan bersama tersebut yang pertama.

Apakah ini seperti arisan a la Indonesia?…. tidak juga, karena mungkin saja di akhir periode liga premier 2014-2015 ini ada tim-tim yang tidak akan pernah berhasil memasukkan 11 gol. Tapi yang jelas pemenangnya mungkin saja lebih dari satu orang (tim) karena pastinya lebih lebih dari satu kesebelasan yang bisa memasukkan lebih dari 11 gol.

Apakah ini seperti taruhan/judi? tidak juga, karena kita tidak taruhan apa-apa, cuma mengumpulkan uang saja setiap minggu 10 Riyal.

Lalu apa istimewanya untuk saya? – Ini adalah pertama kalinya saya terlibat dengan tradisi, dan kebiasaan orang inggris yang saya pikir agak ANEH (bahasa halusnya = berbeda) dengan gaya Indonesia.

Benang merahnya: pada saat kita dirantau, ada banyak cara untuk membuat hidup ini lebih menarik dari pada sedih karena rindu kampung halamanšŸ™‚

 

6 Comments

  1. Ya ampuuuuunn…segitunya ya bapak-bapak Inggris itu..hahaha.. Aku ngebayanginnya sambil cengar-cengir sendiri.., terutama yang bagian ngumpulin duitnya.. Tapi seru ya.. Dan aku setuju banget sama kata-kata benang merahnya.. Daku banget gitu loh.. Hidup para perantau..!!!

    Liked by 1 person

  2. heheheh iya ya suka aja pada rame taruhan di kantor-kantor pas piala dunia.

    kalo disini walo saya kurang jelas mereka taruhan resmi semacam lotto begitu nin.

    salam
    /kayka

    Like

    • Ini ga taruhan, tapi seperti arisan cuma pake aturan pemenang arisan minggu ini adalah sesuai siapa yang dapet undian kesebelasan yang dapet 11 goal.

      Like

  3. Pingback: 2014 | Nins' Travelog

I love to hear from you...

