20160805-vietnam-152
comments 16

Blogging dilemma

Lebih dari enam bulan saya pindah ke UK atau Inggris Raya dan saya cuma beberapa kali saya mengunduh cerita saya di blog ini, padahal saya sudah 10 tahun melakukan hobi ini di sela-sela kesibukan bekerja di kantor sehari-hari. Anehnya segera setelah saya berhenti bekerja, saya seolah-olah kehilangan kemampuan untuk membuat blog-post. Saya kehilangan kemampuan untuk menulis cerita, dan juga kehilangan gairah untuk membuat foto-foto yang layak untuk di unduh di blog ini. Saya juga kehilangan kepercayaan diri untuk membuat blog-post dalam bahasa Inggris.

Suddenly I lost my interest in blogging as well as I don’t know if I have to carry on blogging, not to mention in English.

Lalu apa saja yang saya lakukan selama hampir satu tahun belakangan ini? Apakah itu semua tidak layak untuk di jadikan cerita di blog ini? Kadang-kadang saya berpikir ada banyak cerita yang bisa saya turunkan disini, tapi kadang-kadang saya juga berpikir, mungkin juga tidak perlu di ceritakan, karena mungkin saja pengalaman saya tidak begitu menarik. Setiap orang yang saya jumpai disini seolah-olah memiliki cerita yang lebih menarik dari pada pengalaman saya….

20150414-untitled-237

time flies

Mungkin ada baiknya saya merubah cara saya bercerita; tapi bagaimana?

Saya bukan orang yang pandai bercerita dan saya tidak bisa bercerita pada saat saya letih dalam arti fisik atau mental. Saya lebih banyak memiliki idea dan terinspirasi pada pagi hari. Padahal pagi hari itulah biasanya kita semua paling sibuk dengan ritual harian, seperti membersihkan rumah, menyiapkan sarapan dan kemudian kita mulai aktivitas hari itu. Memang kami memutuskan retired – pensiun. Seharusnya saya punya banyak waktu untuk melamun dan menulis, tapi waktu itu seolah-olah berjalan lebih cepat dari biasanya…. saya kehilangan waktu untuk menulis dan membaca seperti layaknya biasa saya lakukan. Ada banyak “chores” – pekerjaan rumah yang harus saya lakukan, ada banyak tempat yang bisa saya kunjungi, tetapi ada lebih banyak lagi hal-hal yang tidak sempat saya liat, kunjungi atau lakukan….

I might change my blogging style…

I need idea

I need idea

Memang saya akui, blog ini tidak jadi lebih terkenal, atau tidak menjadi lebih banyak di baca orang, memang blog ini sudah menjadi seperti “diary” – catatan harian saya ketimbang cuma sekedar travelog – catatan kunjungan wisata saya, padahal saya ingin menjadikan blog ini lebih dari sekedar rekomendasi tujuan wisata. Seperti saya pernah keluhkan beberapa tahun yang lalu disini, blogging memerlukan kerja lebih keras dari pada sekedar melamun dan menuliskannya. Karena itu pula saya pikir saya akan terus blogging dengan format yang ‘sedikit’ berbeda dan isi yang tidak melulu tentang expatriasi dan travel saya tapi juga tentang yang lain-lain, dan tentunya seperti biasa saya akan menambahkan foto-foto yang mungkin tidak sebagus biasanya…

 

 

 

 

Save

Save

Filed under: iJournal, Online Life

About the Author

Posted by

I used to live as an expat and travel around the Middle East. After 10 years working in the Arabian Gulf I am now retired and living in the UK with my British husband but still retain my interests of further travels and exploring new horizons in Europe.

16 Comments

  1. I read the Malay words, and I hope I understood it all well😀 Hope the move to the UK went well. Each of us is different…and although it might seem the next person has a more interesting or more menarik story than us, I’m sure they have their own set of problems too. Each of us don’t have the same stories to tell.

    You are right. Blogging is hard work and it requires effort. I find it hard to blog with a full time job…and there are days I ask myself, why blog. Then I remind myself that blogging and writing is the way I feel most comfortable expressing myself, and it’s fun for me.

    Like

    • Hi Mabel, thank you for responding my blog so quick, and yes, you understood it right; somehow I just lost my point of view in blogging, as if I have nothing to tell anymore, and suddenly I find it hard to find a time to do blogging, let alone networking. Thus please excuse me of not doing any blog walking…
      Anyway, thank you for the support🙂
      Nina.

      Liked by 1 person

  2. Hani Nandana

    I think everyone needs to adjust from having had a hectic professinaol life …………..then suddenly turns into a more leisurely life – doing household chores. Give yourself a bit of time. Your stories now – living in Britain – will be just as interestng as ever before as each country, each phase of one’s life brings new experience and stories. You are a good writer and I think you should continue writing in English as it can be understood by a lot more people/the interntional community..

    Like

    • That’s it T. Han, you understand what I meant, my blog story will transfer from “Travel Note” to “Living in Britain” story. But I think it would be a bit awkward if I write it in English as it would be from an Indonesian point of view… 😎

      Like

  3. Nina, If you love writing, just continue to do so. The cliché write like no one is reading, works sometimes.

    Can’t wait to read more of your stories.

    Like

    • Thanks Lorraine, and sorry for not visiting your blog lately… I will have to do it sooner or later!
      Nina.

      Like

  4. Hai Mbak Nina, sejak follow blog Mbak Nina, aku selalu suka cerita2 yang ditulis disini. Sudut pandangnya berbeda. Meskipun aku tidak selalu meninggalkan komentar, tapi setiap tulisan Mbak Nina pasti kubaca. Setiap orang pasti punya sudut pandang yang berbeda dalam menulis meskipun menuliskan tema yang sama, nah disitu uniknya. Menuliskan sesuatu yg datang dari hati lebih menyenangkan Mbak, karena nyampenya ke hati yang baca, bahkan tentang cerita sehari2. Tetap semangat menulis blog Mbak Nina😊

    Like

    • Hi Deny, terima kasih tuk support blog saya. Memang harus di akui, blogging itu labour of love – kerja keras, hasilnya ga jelas…. tapi harus di jalanin terus, karena dah terlanjur seneng sih….🙂
      N.

      Like

  5. Salam Kenal Mba Nina, cerita menarik, 10 tahun menulis, sy gk kebayang berapa banyak Keahlian yg terus bertambah dengan waktu sebanyak itu dan tiba-tiba kehilangan ketajaman.. mungkin motif atau motivasi menulisnya harus di reset Mba.. hehe sotoy..

    Like

  6. Keep blogging kak. Jangan pernah malu dan merasa minder dengan cerita orang yang lebih menarik. Cerita kecil dari Inggris, entah itu transportasi, kultur dan kuliner dari mbak pun bakal ditunggu tunggu. Ganti style iya, stop blogging, no way

    Like

  7. Mau ngeblog model apa, bebas saja
    Pokoknya suka
    Tapi kalau foto-foto bagusnya tidak lanjut
    Yah, rasanya sayang juga🙂

    Like

  8. It is normal to feel that way. There are so many times I am lazy to post but actually, I have so many things to blog about but just lazy to do so and then there is also becoming busy at times with family life etc. Do not stress yourself. I do not worry too much as I don’t put a deadline to my blog and I believe my followers will be more excited to see the next post from me when I am ready. Cheer up!🙂

    Liked by 1 person

I love to hear from you...

