comments 10

Lavender Field

Ketika salah satu tamu saya yang berkunjung ke Bristol bertanya apabila ada kemungkinan untuk melihat Lavender Field, saya mendadak bingung.

Selama hampir empat tahun saya tinggal di UK, tidak pernah terpikir oleh saya untuk datang ke Kebun Lavender – Lavender Field.

Memang banyak foto-foto di internet yang memperlihatkan betapa cantiknya Kebun Lavender itu, tapi foto-foto itu kebanyakan di Perancis, bukan di UK, jadilah saya tidak ada usaha untuk berkunjung ke Kebun Lavender. Tapi karena pertanyaan diatas tersebut, tentunya sayapun lalu berusaha mencari tahu tentang Kebun Lavender terdekat dengan tempat saya tinggal.

Bunga Lavender, yang umumnya berwarna ungu, tetapi kadang-kadang ada juga yang berwarna putih

Lalu apa istimewanya Kebun Lavender ini?

Kebun Lavendar di Inggris

Kelihatannya memang biasa-biasa saja, tetapi bunga kecil yang banyak itu bisa di panen seperti layaknya padi. Bedanya mungkin bukan untuk dimakan seperti layaknya beras. Bangsa Romawi kuno sudah menggunakan minyak lavender untuk mandi, masak dan pengharum ruangan. Mungkin itu sebabnya penamaan lavender, sebagai lavare = mandi atau livendula = livid atau mencuci.

Air olahannya pun sesudah menjadi tonic bisa digunakan sebagai obat gosok dari gigitan serangga disamping baunya yang demikian kuatnya sehingga mampu mengusir serangga. Tanaman kering lavender ini hingga sekarang masih tetap di pakai sebagai pengharum ruangan atau dipakai sebagai bahan campuran untuk mengharumkan sabun mandi (soap bar), body lotion, shampoo, atau di campuran makanan seperti layaknya kayu manis.

~ * * * ~

Diluar dugaan, ada dua Kebun Lavendar dekat Bristol yang bisa di kunjungi hanya dalam jangkawan 1 jam perjalanan dengan mobil:

Somerset Lavender

Somerset Lavender di foto awal bulan Juli

Lokasinya di kawasan Somerset, England. Desa terdekatnya bernama Faulkland, diantara Kota Bath dan Fromme. Apabila ingin berkunjung ke tempat ini, harus diperhatikan waktu bukanya. Untuk lebih jelasnya:

Somerset Lavender hanya buka untuk umum mulai bulan Mei sampai dengan bulan September setiap tahun dan hanya hari Rabu sampai dengan hari Minggu saja.

Cotswold Lavender

Cotswold Lavender pada akhir bulan Juni 2019, yang mana masih belum benar-benar berbunga

Untuk mencapai Cotswold Lavendar dari Bristol lebih jauh, dari pada Somerset Lavender, yang lokasinya di Snowshill, sangat dekat dengan Broadway, salah satu kota cantik di tengah kawasan Cotswold. Desa Snowshill bisa di capai dengan KA hingga Moreton-on-Marsh, tapi setelah itu anda tetap harus menggunakan taksi untuk mencapai tujuan.

Saat terbaik untuk berkunjung ke Cotswold Lavender adalah antara bulan Juni sampai dengan awal September, tapi untuk lebih tepatnya anda bisa mengunjungi websitenya: www.cotswoldlavender.co.uk :

Alamat: Hill Barn Farm, Snow Hill, Broadway, Worcestershire- WR12 7JY

~ * * * ~

Dari informasi di atas, penting untuk di ingat bahwa Kebun Lavender tidak buka sepanjang tahun. Seperti kita tau bahwa bunga lavender cuma berbunga dari mulai bulan Mei (awal musim berbunga) sampai dengan Agustus. Anda beruntung apabila datang ke Kebun Lavender bulan September dan belum di panen. Karena panen lavended biasanya adalah akhir bulan Agustus dan cuma satu kali dalam satu tahun.

10 Comments

  1. Pertama kali saya lihat bunga lavender secara langsung juga di Inggris, tepatnya di Birmingham. Waktu itu saya sedang jalan-jalan sore bersama sepupu saya yang dulu masih tinggal di Inggris. Di sepanjang jalan ada beberapa bunga lavender, meskipun sedikit dan tidak sampai seperti dua kebun lavender ini. Tapi tetap sih, waktu lihat saya jadi berpikir, oh ini toh yang namanya lavender, yang sering ada di sabun atau pengharum ruangan.

    Liked by 1 person

    • Thanks Bama for the visit… kapan2 mampir ke tempat ku, nanti saya antar ke Kebun Lavender…

      Like

  2. Novriana

    Waaa ladang lavendernya cakeeep ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    *udah lama banget rasanya gak liat postingannya mbak ๐Ÿ˜

    Liked by 1 person

  3. Kak Nina, apa kabar..? Saya kayaknya pernah berada di daerah kebun lavender yg pertama ketika berkunjung ke Bath di 2014. Kayaknya waktu itu terlihat juga beberapa rumpun lavender di antara hamparan canola field..

    Liked by 1 person

    • Hi Em, terima kasih dengan kunjungannya… sayang ya saya belum pindah UK waktu itu…. by the way, Canola musimnya beda dengan lavender… kok bisa?

      Like

      • Gak ngerti juga.., tapi waktu itu udah masuk Mei sih.. Jadi aku pikir oh bunga perdana mungkin.. Aku bakal permisi mampir deh seandainya kak Nina udah tinggal di UK waktu itu๐Ÿ˜„

        Liked by 1 person

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.