comments 4

Bristol dan Street Art

Untuk mereka yang menyukai segalanya serba bersih, steril dan indah, Bristol mungkin bukan tempat yang ideal. Tapi, apabila anda menyukai street art maka Bristol bisa jadi adalah kota tujuan utama di Inggris atau bahkan di Eropa sekalipun. Dan itu terlihat dimana-mana, hampir diseluruh bagian kota. Dan street art itu menjadi bagian dari sejarah kota Bristol; baik itu merupakan cerita sukses dari Bristolian, ataupun sejarah gelap Bristol dan bahkan Kerajaan Inggris. Dan itu semua terlihat, bukan hanya di museum, tapi pada arsitektur kota tersebut dan fasade bangunannya dan tentunya juga karya street art di hampir seluruh kota Bristol.

Bangunan berwarna biru tua…. graffiti, mural atau street art?

Ketika saya pertama kali tiba di Bristol untuk kemudian menetap di Bristol, Keith menunjukkan saya suatu kawasan kecil di Bristol, Stoke Croft. Lokasinya di tengah kota, saya meringis melihat bagaimana suatu bangunan itu hilang oleh banyaknya graffiti yang menutupi cat dinding bangunan yang asli. Tapi ketika beberapa bulan kemudian saya ikut street art tour jalan kaki keliling Bristol, mereka mengatakannya itu “Street Art” bukan graffiti. Pertanyaannya sekarang adalah apa definisi Graffiiti dan apa itu Street Art?

Berikut adalah penjelasan antara Mural, Street Art dan Graffiti:

Mural adalah karya seni gambar yang di gambar langsung pada dinding (sebagai perbandingan, karya seni visual biasanya di pajang/di gantung pada dinding, bukan di gambar langsung di dinding tersebut dan tidak bisa di pindahkan), dan bisa didinding luar bangunan atau dinding dalam ruangan.

Street art adalah karya seni yang lokasinya di area publik dan biasanya di buat secara ilegal tanpa ijin resmi dari otoritas pemerintah setempat dan biasanya ada pesan yang tersirat, misalnya pesan politis, atau kritik sosial.

Status ilegal dari keberadaan karya street-art, menjadikannya tumpang-tindih dengan Graffiti, yang juga berupa gambar atau lukisan atau ukiran yang di buat tanpa ijin. Tergantung dari nilai estetika atau pilihan politiknya beberapa street-art bisa di kategorikan sebagai graffiti.

Street art di Bristol:

Stoke Croft & Cheltenham Rd.

Pertemuan jalan antara Stoke Croft & Cheltenham Rd.

Foto diatas, adalah contoh karya sebuah mural yang lokasinya menurut saya termasuk kentara, terletak dipertemuan dari dua jalan utama di pusat kota Bristol, dan termasuk dalam kawasan Stoke Croft. Ketika saya pertama kali tiba di Bristol, dan melihat mural ini, ada rasa ketakutan bahwa inlah kawasan ‘bronx’ Bristol, dan membuat saya merasa harus ekstra hati-hati apabila berjalan kaki di kawasan ini.

Gambaran ini ada dimana-mana di kawasan ini; ada yang berupa gambar huruf… tapi ada pula yang berupa gambar kartun

Apabila kita melanjutkan perjalanan kita ke utara, arah Cheltenham Road, maka kita akan melihat berbagai artis jalanan mengekspresikan karya seni mereka, baik dalam bentuk mural, street art atau graffiti. Pertanyaannya adalah apa definisi semua istilah diatas itu?

Dan bangunan yang sarat dengan karya artis jalanan tersebut hanyalah permulaan dari kawasan Stoke Croft ini; selanjutnya sepanjang jalan yang kemudian berlanjut dengan Cheltenham Rd. adalah hingga ke jalan-jalan kecil di kiri dan kanan jalan tersebut, sarat dengen coretan dan gambar-gambar street art dan graffiti yang menarik, kocak dan penuh dengan sindiran sosial dan politik.

Tapi gambaran diatas adalah perasaan pada saat kita tidak kenal dengan area dan komunitas tersebut. Stroke Croft ternyata sarat dengan artis-artis jalanan yang siap berkreasi, baik untuk menjadikannya mural ataupun sekedar cara mereka mengekspresikan diri mereka. Harus di beri acungan jempol bahwa pemerintah setempat tidak berusaha membersihkannya.

Tapi mungkin pemerintah setempat tidak perlu pusing, karena para artis jalanan itu berusaha saling tumpang tindih satu dengan yang lain diantara mereka sendiri. Jadi, sering kali street art atau karya graffiti mereka tidak tahan lama.

coretan street art yang di tumpang tindih oleh berbagai artis jalanan… sekarang sudah hilang
Mild Mild West

Mild Mild West salah satu karya pertama Banksy di dinding Hamilton Building

St Paul

Bersebelahan dengan Stoke Croft dalam St Paul, popular dengan penduduk nya yang kebanyakan adalah imigran dari kepulauan Karibia, daerah inipun sangat inspiratif dengan budaya dan karya ‘seni’ sarat dengan street art, mural dan graffitinya. Themanya pun bermacam-macam, ada yang berupa penghargaan pada seseorang, ada yang promosi karnaval tahunan ataupun kritik sosial.

Memperingati kasus windrush dan juga St. Paul Carnival yang berlangsun dari seja tahun 1968 s/d 2019

Nelson Street dan Quay Street

Nelson St. dan Quay St. tarletak benar-benar di pusat kota Bristol, yang sedianya adalah juga pusat perbelanjaan dari suatu kota di Eropa. Tetapi pada awal PD II (Perang Dunia ke 2), pusat kota Bristol hampir habis di bom oleh Jerman, dan ketika dibangun kembali, dunia arsitektur sedang mengalami resesi identitas’ Maka jadilah bagian kota ini sarat dengan bangunan gaya arsitektur – brutalisme, dengan ciri khasnya adalah beton expose bersebelahan dengan bangunan tua jaman medieval.

Beberapa than yang lalu, para artis street art diberi kesempatan untuk berkreasi di dining beton bangunan berlantai banyak tersebut. Hasilnya…. mungkin tidak terlalu cantik, tapi ini idea bagus untuk menyelesaikan masalah Arstektur Brutalisme yang tidak mudah untuk di hancurkan apabila ternyata kita tidak suka dengan bangunan yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit pada jaman resesi.

Ada beberapa mural lain yang bisa dinikmati sepanjang kawasan kota tua ini. Malah bekas kantor ke polisian kota pun di lukis dengan cara yang unik:

Bedminster & North Street

Ada burung yang mengintip diantara rumah deert ini….

Bedminster, yang tarletan di selatan kota Bristol adalah tempat baru yang popular di kalangan para artis jalanan untuk mengekspresikan kreasi meraka, apalagi setiap dua tahun sekali, diadakah Upfest di kawasan ini. Festival untuk pada artis yang mengekspresikan kemampuan mereka di berbagai dinding di sepanjang North Street dan sekitarnya di kawasan Bedminster.

Gambar terakhhir di dinding ini untuk tahun 2019-2020 adalah tokoh Greta Thunberg, aktivis lingkungan hidup dari Swedia.

4 Comments

    • Hi, we are grid and enjoy the lockdown by traveling locally and finding our local secrets. Hope you are doing well where ever you are….
      Nina

      Like

  1. Halo mbak Nina, salam kenal. Sepertinya ini kali pertama saya berkunjung ke sini.
    Untuk urusan kreativitas, sebenarnya di Indonesia juga banyak potensi di bidang mural begini, tapi ujung-ujungnya cuma vandalisme, merusak pemandangan. Padahal kalau dikembangkan dan didukung oleh pemerintah setempat, bisa menjadi objek wisata juga.

    Like

    • Nah… itu dia, saya setuju, bangsa Indonesia sebenarnya tidak kalah kreatif dengan bangsa lain, tapi penyalurannya itu yang tidak di fasilitasi.
      Anyway, terima kasih sudah mampir, saya masih punga banyak tulisan tentang street art ini… jadi stay tune… 🙂

      Like

I love to hear from you...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.